Pemilihan Antar Waktu Wali Nagari Nanggalo

Spread the love

Painan- Kabayakin.com. Ketua Panitia Pemilihan Antar Waktu (PAW)  Wali Nagari Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, Husni Mersati, SH mengadakan Musyawarah Nagari di Aula Ruang Rapat Wali Nagari Nanggalo, Kamis 02 November 2023.

Dalam Musyawarah tersebut hadiri Pj. Wali Nagari Nanggalo Juni April, S.Pd, M.Pd Dt. Sarimarajo yang juga sebagai  Sekretaris Camat Koto XI Tarusan, Bamus Nagari Nanggalo  Syafri Dt Bagindo Rajo, Babin Kamtibmas, Ninik mamak,  Cadiak Pandai,  Alim Ulama, Bundo Kandung serta Tokoh Pemuda.

    Musyawarah Nagari PAW Wali Nagari Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan Musyawarah Nagari PAW Wali Nagari Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan

Dalam sambutanya Syafri Dt. Bagindo Rajo menyampaikan  bahwa “dalam acara Panitia PAW  Wali Nagari Nanggalo tidak  perlu ada banyak sambutan untuk mempersingkat waktu”.

Dalam kesempatan itu Babin Kamtibmas  mengajak agar sama – sama  jaga ketertiban dan keamanan di Nagari  Nanggalo. “Dengan  adanya pemilihan PAW Wali Nagari Nanggalo ini, tentunya kita sama – sama  menghargai satu sama lainnya sehingga kondusifitas dalam nagari dapat terjaga selama pemilihan PAW Wali Nagari Nanggalo berlangsung”.

“Sebentar lagi kita akan  mengadakan pesta demokrasi Pileg dan Pilpres tentunya gesekan  akan semakin meruncing, harapan dari kami  sebagai aparat keamanan mari kita sama – sama mejaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kita masing – masing” tegas Babin Kamtibmas.

Dalam  sambutannya,  Pj. Wali  Nagari Nanggalo Juni April,  S.Pd, M.Pd  Dt. Sarimarajo menyampaikan “Panitia diharapkan  bisa bekerja sesuai dengan aturan yang ada dan selalu bersikap netral kepada semua Bakal Calon Wali Nagari Nanggalo nantinya sehingga  kondusifitas dan netralitas dalam nagari  dapat terjaga dengan baik”.

Teknis Dan Tahapan Kerja Panitia

Dalam hal teknis dan tahapan proses kerja, Ketua Panitia Pemilihan PAW Wali Nagari Nanggalo, Husni Mersati,  SH, menyampaikan “aturan  dan unsur  yang akan memilih  terdiri dari unsur Ninik Mamak 5 orang, unsur Cadiak Pandai 4 orang, Alim Ulama 5 orang, Bundo kandung 5 orang, unsur Pemuda 4 orang, Majelis Ta’lim 4 orang, unsur Kelompok Tani 5 Orang dan Kelompok penerima  PKH 5 Orang”.

Dalam kesempatan itu, Husni juga menyampaikan tahapan – tahapan yang sedang berjalan dan yang akan berjalan.

Dengan adanya pemaparan yang lugas  dan jelas dari Ketua Panitia, hadirin yang hadir akan lebih memahami  proses pemilihan PAW Wali Nagari Nanggalo. Namun demikian masih ada saja  peserta rapat yang mempertayakan  hal -hal yang di luar aturan PAW. “kita  maklum saja”, kata  Ame. “Semakin banyak orang,  semakin banyak pula pola pikirnya. Dan semua  itu kita hargai walaupun pertanyaan yang di lontarkan kadang kala ngawur alias ngacau. Namanya saja Demokrasi” sambil tersenyum  dan sekaligus menutup acara musyawarah Nagari. (Alp)